Pages

Tuesday, September 3, 2013

Ah, Sudahlah

Assalamualaikum.

Kasihan sekali saya. Belakangan ini saya seperti terserang entah-apa-namanya yang menyebabkan otak saya enggan untuk bekerja sedikit lebih keras dari biasanya. Bahkan saya kehabisan bahan tulisan dan akhirnya blog ini teronggok tanpa ada sesuatu yang baru dan menyegarkan. Kemampuan mem-verbal-kan-sesuatu saya semakin parah. Sebuah kalimat terdengar jauh lebih baik saat masih berada di dalam kepala saya, namun seketika itu juga lidah saya terbelit saat mengutarakannya. Saya memang payah.

Belakangan ini juga saya menjadi lebih produktif dengan menghasilkan coretan-coretan yang jauh dari kata menarik. Tapi, setidaknya saya berhasil menuangkan ekspresi di dalam otak saya ke selembar kertas, sekalipun hasilnya jauh dari imajinasi saya. Saya juga heran kenapa bisa begitu. Bagaimana bisa saya membayangkan menghasilkan sebuah karya yang cukup bagus, namun ketika saya realisasikan, hasilnya malah awut-awutan.

Bukan hanya hasil gambar saya yang awut-awutan, sepertinya pikiran saya juga awut-awutan. Saya diterjang kenangan yang saya pun sudah lupa. Bingung? Saya juga. Saya tidak mengerti, yang saya tau saya bersyukur sekaligus menghujat. Saya berdiri digaris antara mengejar mimpi dan kabur dari kenangan. Lucu rasanya, saya mau melangkah, namun detik berikutnya saya menarik kembali langkah saya. Begitu seterusnya sampai saya sadar, itu adalah tindakan bodoh. Saya yang punya mimpi. Saya pula yang mewujudkan dan merasakan hasilnya. Mudah sekali berbicara seperti ini. Pada kenyataannya, saya gira-girap dihantui semua hal lampau itu.

Yah, begitulah kalau saya terlalu berharap pada cerita baru. Tidak mendapati jalan cerita yang sedikit lebih baik, saya malah membandingkannya tanpa sengaja. Padahal, mau dibandingkan seperti apa pun, saya tidak akan pernah mendapatkan cerita yang sama persis. Bukankah memang seperti itu hukum sebuah cerita? Saya jadi ingat bagaimana saya merangkai cerita saya sendiri. Seperti yang kalian pikirkan, cerita hanya tinggal cerita. Kenyataannya jelas berbeda dengan ekspektasi saya yang sudah terlanjur melambung. Hebat juga ternyata bisa melambung setinggi itu, sayang sekali tidak dibekali kemampuan mendarat yang baik.

Cheers.
Yas

No comments:

Post a Comment