Pages

Saturday, March 9, 2013

Aku Udah Senyum, Kamu?

Have you smile today? #spreadhappiness
Assalamualaikum! Hai hai, selamat malam. Gimana minggu pertama Maret? Seberapa sering kalian senyum minggu ini? :D

Tau gak sih, satu senyum dari hati yang paling dalam, bisa ngerubah mood orang yang disenyumin? Contohnya, kemaren nih, waktu pergi sama Papa, ke toko peralatan gitu, kan banyak bawaan, mau gak mau ya nitip barang di tempat yang disediain. Di situ kondisiku udah pegel, suntuk aja gitu. Terus pas mau nitip, Mas-mas yang jaga ini senyumnya oke punya, moodku pun asik lagi. Bukan lebay, bukan. Tapi, gini, aku yang keliling-keliling sama Papa aja suntuk apalagi dia yang ngejogrok di belakang meja penitipan barang berjam-jam, walaupun gitu, dia masih bisa senyum ke customer yang dateng. Siapa coba yang nggak ngerasa baikan disenyumin dengan tulus sama orang yang nggak kita kenal? Ada tuh, di supermarket kalo gasalah, kebetulan antrean kasirnya panjang, mana rata-rata belanjaannya bejibun semua, bayangin aja harus berdiri nungguin Mbak-mbak kasir ngedata barang belanjaan customer satu persatu. Siapa yang nggak suntuk coba. Pas udah giliranku, aku perhatiin aja tuh si Mbak sibuk nyocokin barang di komputer. Seriusan, itu muka nggak lebih enak dari kucing yang mau berantem. Sepet deh pokoknya. Makin suntuk kan? Di"makasih"in juga gak ada ramah-ramahnya, minimal senyum deh-_-

Selain itu, coba deh sekali-sekali iseng senyum ke Mbak-mbak tukang pecel, Mas-mas tukang parkir, tukang rujak, bahkan adek-adek yang di jalan, jamin, sebagian dari mereka bakal ngerasa bersyukur karena masih ada yang sadar sama keberadaan mereka, masih ada yang mau senyum sama mereka. Senyum itukan juga sedekah. Terkadang, kita nggak tau seberapa berat beban yang harus ditanggung orang-orang yang tanpa sengaja berpapasan sama kita. Mungkin dengan senyum yang kita kasih bisa membuat mereka sedikit lebih bersemangat. Apa salahnya menjadi semangat buat orang lain? Tapi, ya jangan senyum-senyum sendiri juga sih. Yang ada malah ngacir, alih-alih semangat.

Kalo aku di sekolah, paling asik itu senyum sama Mas Kawi, yang suka benerin perabot sekolah. Asiknya kenapa? Si Mas itu suka senyum balik yang nggak kalah tulusnya. Silahkan dicoba mulai sekarang buat senyum ke warga sekolah. Satu sekolahan kalo perlu.

Kalau hari ini, alhamdulillah aku banyak senyum. Bukan senyum sih, nyengir yang lebih mendekati ke cengengesan. Gimana nggak cengengesan, ngumpulnya aja sama orang-orang yang kejiwaannya terganggu terus-_- (hehehehe becanda ya, Sodara, muah). Jadi, kami sengaja ngumpul buat ngomongin beberapa masalah, sekalian sharing juga sih. Semua ocehan kami ditutup dengan joget-joget yang lagi heboh sekarang ini. Nggak usah dibilang juga tau kan? Rasanya, luar biasa. Bikin otak seger, bikin makin akrab, bikin makin bersyukur, bikin makin gila juga. Ada gunanya juga punya temen yang sarap. Senyuman hari ini adalah awal minggu Maret yang terbaik!

Nah, kalo udah bisa sering senyum sama orang lain, kenapa harus murung sama keluarga atau bahkan diri sendiri? Pernah nggak ngeliat cermin, terus senyum dari hati, ngasih semangat ke diri sendiri? Aku sih belum nyoba ngeliat cermin. Tapi, kalo sekedar senyum aja, pernah. Mau nyoba nggak? Sebarkan kebahagian dari senyum sederhana! :)

Senyum :)
Count your age by friends, not years. Count your life by smiles, not tears. 
 John Lennon

Medan, (still) Room Sweet Room,
Smile!!
T

No comments:

Post a Comment